HBH IKANU Mesir 1444 H: Peran Alumni NU Mesir Menyambut Abad II Nahdlatul Ulama

  • Selasa, 2 Mei 2023
  • 184 views
HBH IKANU Mesir 1444 H: Peran Alumni NU Mesir Menyambut Abad II Nahdlatul Ulama Halal-Bihalal-IKANU-MESIR

Ikatan Keluarga Alumni NU (IKANU) Mesir menyelenggarakan Halal bi Halal 1444 H pada hari Sabtu, 29 April 2023, di PP. Al-Huda, Doglo, Boyolali, Jawa Tengah.

Acara ini dihadiri oleh Ketua PBNU, KH. Miftah Faqih, ketua IKANU Mesir yang sekaligus Katib Syuriah PBNU, KH. Faiz Syukron Makmun, dan Sekjen IKANU Mesir, Dr. HM. Anis Mashduqi, ketua LBM PWNU DIY.

Hadir juga di dalam acara ini, KH. Dr. Afifuddin Dimyati, pengasuh PP. Hidayatul Quran, Jombang, KH. Izzuddin Abdurrahman, MA, pengasuh PP. Api Tegalrejo, Magelang, Dr. Dede Permana, dosen UIN Cirebon, dan beberapa senior IKANU Mesir.

Forum HBH IKANU Mesir kali ini mengangkat isu peran kader IKANU Mesir yang tersebar di banyak wilayah di Indonesia dalam upaya mengisi peran sosial keagamaan di masyarakat lebih tajam lagi dengan memperkuat sinergitas dengan PBNU.

Selama ini peran IKANU Mesir sebetulnya sudah cukup signifikan di dalam membangun komunikasi dengan pihak Al-Azhar Mesir terkait dengan program beasiswa kader NU dan peran kepanitiaan di dalam forum nasional maupun internasional fiqih peradaban.

Di samping upaya memperkuat peran-peran yang sudah dilakukan, juga diharapkan IKANU Mesir mampu dilibatkan lebih banyak lagi dalam agenda-agenda PBNU dalam bidang dakwah, ekonomi, dan agenda-agenda menterjemahkan visi internasional NU.

Tidak kalah strategis adalah upaya merancang transformasi paradigma pendidikan Islam dan pesantren sesuai dengan visi fiqih peradaban yang telah digagas oleh PBNU.

KH. Miftah Faqih, selaku ketua PBNU memaparkan selain peran yang sudah baik di level struktural, di mana banyak kader IKANU Mesir yang menempati jabatan-jabatan strategis di PBNU, PWNU, PCNU, MWCNU, PRNU, keterlibatan IKANU Mesir sebagai tim teknis yang akan membantu realisasi agenda-agenda PBNU sangat dimungkinkan dan bahkan diharapkan.

HBH IKANU Mesir yang dihadiri sekitar 200 lebih kader NU Mesir ini diharapkan menjadi ajang silaturrahmi dan konsolidasi alumnus Universitas Al-Azhar Mesir dan Universitas-Universitas lain di Mesir yang memiliki latar belakang nahdliyyin.

Gus Aunullah A’la Habib yang menjadi tuan rumah acara ini merasa bersyukur begitu banyak alumni NU Mesir yang hadir memeriahkan acara ini. Ia berharap kader IKANU Mesir di manapun berada bisa bersinergi dengan PBNU untuk mengeksekusi dan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan organisasi.

Penulis: PPM Alhadi

Admin Pesantren Pelajar dan Mahasiswa Al-Hadi, Arumdalu, Krapyak Wetan, RT 08, Panggungharjo, Sewon, Bantul, DIY

Hubungi Kami

Hubungi Kami jika Anda membutuhkan bantuan, atau informasi seputar PPM Al-Hadi, Kami akan dengan senang hati membantu Anda