IKANU Mesir Menyambut Syaikh Ali Jum’ah di Yogyakarta

  • Rabu, 11 Oktober 2023
  • 220 views
IKANU Mesir Menyambut Syaikh Ali Jum’ah di Yogyakarta IKANU-Mesir-Menyambut-Syaikh-Ali-Jum’ah-di-Yogyakarta

Ahad, 8 Oktober 2023. Alumni NU Mesir yang dikomandoi Ketua IKANU Mesir, K.H. Faiz Syukron Makmun menyambut Syaikh Ali Jum’ah beserta rombongan di Yogyakarta. Syaikh Ali Jum’ah datang ke Yogyakarta untuk menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Ndalem An-Nadwah, kediaman Habib Hilal Al-Aidid.

Syaikh Ali Jum’ah berkunjung ke Yogyakarta bersama Syaikh Usamah Sayyid Al-Azhari, Syaikh Ibrohim Hudhud (mantan Rektor Univ. Al-Azhar) Syaikh Abdel Hady Al-Qashabi (Ketua Persatuan Tarekat di Mesir), Mustafa Atef, dan para ajudan pribadi.

Syaikh Ali Jum’ah datang ke Indonesia atas undangan pribadi dari Habib Hilal Al-Aidid. K.H. Zaky Muhammad, Lc., yang dipercaya Habib Hilal Al-Aidid sebagai ketua panitia acara Maulid dan juga turut bersama rombongan penjemput, menyampaikan bahwa kedatangan Syaikh Ali Jum’ah dan Syaikh Usamah ke Yogyakarta ini adalah hasil kedetakan pribadi Habib Hilal Al-Aidid.

Dalam menyambut kedatangan Syaikh Ali Jum’ah beserta rombongan di Yogyakarta, Habib Hilal Al-Aidid mengajak K.H. Faiz Syukron Makmun dan K.H. Dr. Anis Mashduqi, sekaligus untuk mendapingi selama di Yogyakarta. Rombongan Syaikh Ali Jum’ah mendarat di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta sekitar pukul 09.30.

K.H. Faiz Syukron Makmun, Ketua IKANU, menyampaikan bahwa kedatangan Syaikh Ali Jum’ah ke Yogyakarta ini seperti sebuah keajaiban. “Undangan lewat organisasi belum berhasil, undangan lewat lembaga juga belum berhasil, undangan resmi melalui pemerintah juga belum berhasil mendatangkan Syaikh Ali Jum’ah ke Indonesia.

Tapi ini Habib Hilal dengan kedekatannya bisa mengajak Syaikh Ali Jum’ah datang ke Yogyakarta untuk hadir acara Maulid Nabi, benar-benar luar biasa.”

Sekjend IKANU Mesir, Dr. K.H. Anis Mashduqi, juga menyampaikan bahwa awalnya tidak percaya ketika pertama kali diberi kabar oleh Habib Hilal tentang kedatangan Syaikh Ali Jum’ah. Namun beliau menjadi yakin setelah diperlihatkan bukti rencana kedatangan Syaikh Ali Jum’ah dan Syaikh Usamah. Beliau menyampaikan, “Ini kesempatan penuh berkah yang luar biasa bisa berkhidmat kepada Syaikh Ali Jum’ah selama di Yogyakarta.”

Setibanya di Yogyakarta, Syaikh Ali Jum’ah beserta rombongan langsung menuju hotel tempat menginap selama di Yogyakarta dengan pengawalan ketat dari Polda DIY. Di Hotel Tentrem Yogyakarta, penyambutan Syaikh Ali Jum’ah dilakukan secara sederhana oleh pihak hotel dan personel IKANU Mesir.

Setelah berbincang singkat, Syaikh Ali Jum’ah meminta waktu untuk istirahat karena telah menempuh perjalanan jauh. Kedatangan Syaikh Ali Jum’ah ini adalah hasil hubungan kultural yang telah dijalin oleh Habib Hilal dengan Syaikh Ali Jum’ah dan Syaikh Usamah, terbukti dengan keturutsertaan anggota keluarga Syaikh Usamah dan Syaikh Ali Jum’ah dalam rombongan ke Indonesia ini.

Penulis: PPM Alhadi

Admin Pesantren Pelajar dan Mahasiswa Al-Hadi, Arumdalu, Krapyak Wetan, RT 08, Panggungharjo, Sewon, Bantul, DIY

Hubungi Kami

Hubungi Kami jika Anda membutuhkan bantuan, atau informasi seputar PPM Al-Hadi, Kami akan dengan senang hati membantu Anda