“NGAJI PASANAN: MERAIH KEBERKAHAN RAMADAN 1445 H MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI PPM AL-HADI YOGYAKARTA”

  • Sabtu, 16 Maret 2024
  • 142 views
“NGAJI PASANAN: MERAIH KEBERKAHAN RAMADAN 1445 H MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI PPM AL-HADI YOGYAKARTA” Ngaji_Pasanan_1445_Hijriyah

PPMALHADI.COM– Bulan Ramadan selalu menjadi momen istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Di tengah nuansa kebersamaan dan spiritualitas yang mendalam, kegiatan mengaji menjadi salah satu kegiatan penting bagi umat muslim dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

Termasuk di PPM Al-Hadi Yogyakarta, kegiatan mengaji di bulan Ramadan diselenggarakan berbeda dengan bulan-bulan lainnya, mengaji di bulan suci ini diselenggarakan dengan pola dan program khusus yang telah terencana dengan baik yang disebut sebagai “ngaji pasanan”.

Dalam rangka mengisi bulan Ramadan, PPM Al-Hadi Yogyakarta mengadakan kegiatan mengaji kitab-kitab khusus yang berbeda dengan kitab-kitab yang biasa di kaji di bulan-bulan selain Ramadan.

Para santri terbagi kedalam beberapa halaqah yang dipimpin oleh Dr. KH. M. Anis Masduqi, Lc., MSI. (Pengasuh) dan para ustadz. Halaqah di pagi hari (setelah subuh) terbagi kedalam enam halaqah, halaqah Ustadz Abdul Khayi, halaqah Ustadz Zain, dan halaqah Ustadz Ainul mengkaji kitab Aqidatul Awam, Taisirul Kholaq, dan Safinatun Najah.

Selanjutnya halaqah Ustadz Ulil dan halaqah Ustadz Yazid mengkaji kitab Targhib wa Tarhib, Arbain Nawawi, dan Jauharotut Tauhid. Sedangkan halaqoh yang dipimpin oleh Abah Anis mengkaji kitab Hujjah Ahlussunah dan Mukhtarul Ahadist. Adapun halaqah dimalam hari (setelah salat tarawih) semua santri mengaji bandongan bersama Abah Anis, kitab yang dikaji yaitu kitab Tanbihul Mughtarin karya Imam As-sya’rani.

Selain kegiatan mengaji di pagi dan malam hari, PPM Al-Hadi Yogyakarta juga mengisi bulan ramadan dengan kegiatan lainya seperti Muqoddaman Al-qur’an dari jam empat sore sampai waktu berbuka, kemudian buka bersama dengan cara mayoran ala santri.

Setelah itu para santri melaksanakan salat tarawih berjamaah di Pendopo Sholawat PPM Al-Hadi. Baik buka bersama maupun salat tarawih para santri secara “gotong royong” mengambil bagian dalam kegiatan tersebut. Dalam hal buka bersama, dari menyiapkan tempat, makanan dan minuman hingga membersihkanya para santri putra dan putri sudah mendapatkan jadwal dan bagianya masing-masing.

Begitupun dalam salat tarawih, setelah hari pertama (Abah Anis menjadi Imam) dilakukan penjadwalan imam dan bilal tarawih bagi santri putra yang terpilih. Tentu saja, di samping kegiatan rutin tersebut, masih ada kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya (bersifat insidental) yang memperkaya pengalaman spiritual para santri.

Dengan berbagai kegiatan dan mengaji yang terencana dengan baik serta dipimpin oleh para ustadz yang kompeten, PPM Al-Hadi Yogyakarta siap menyambut dan mengisi bulan Ramadan 1445 H dengan penuh kesungguhan dan keberkahan. Semoga kegiatan ini dapat menjadi wahana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para santri kepada Allah SWT. Aamiin.

  • Muqoddaman adalah kegiatan membaca Alquran secara bersama-sama dengan masing-masing peserta mendapatkan bagian membaca satu juz.
  • kegiatan makan bersama dalam satu wadah.

Penulis: PPM Alhadi

Admin Pesantren Pelajar dan Mahasiswa Al-Hadi, Arumdalu, Krapyak Wetan, RT 08, Panggungharjo, Sewon, Bantul, DIY

Hubungi Kami

Hubungi Kami jika Anda membutuhkan bantuan, atau informasi seputar PPM Al-Hadi, Kami akan dengan senang hati membantu Anda