Hadis dan Implementasinya Dalam Kehidupan Sosial

  • Kamis, 4 April 2024
  • 168 views
Hadis dan Implementasinya Dalam Kehidupan Sosial ilustrasiBypinterest.com

PPMALHADI.COM–Hadis merupakan sesuatu yang disandarkan kepada Rasulullah baik secara ucapan, perbuatan, maupun persetujuan. Hadis merupakan sumber ajaran Islam kedua setelah Alqur’an, hadis berisi tentang ajaran tauhid, hukum, syari’ah, akidah dan akhlak. Rasulullah pernah bersabda bahwa sesungguhnya beliau meninggalkan dua hal, yang mana ketika kita berpegang teguh kepada keduanya maka kita tidak akan tersesat, dua hal tersebut adalah Alqur’an dan Hadis.

Hadis juga memiliki banyak fungsi, diantaranya menjadi penjelas terhadap kemujmalan Alqur’an, ketika kita menemukan kesamaran atau ketidak jelasan dalam memahami ayat-ayat Alqur’an maka dapat dipahami melalui Hadis yang relevan dengan ayat tersebut. Selain mengamalkan isi dan ajaran Alqur’an, kita juga harus mengamalkan Hadis dalam kehidupan sosial, karena didalam Hadis terdapat nilai-nilai sosial yang didapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam mengamalkan Hadis tentunya harus memahami isi hadis tersebut dari berbagai prespektif sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Kehidupan sosial sangat erat kaitannya dengan bermasyarakat, sebagai makhluk sosial kita tidak dapat hidup sendiri melainkan butuh bantuan orang lain, inilah yang disebut dengan konsep Hablun Minannas (Hubungan dengan manusia), berhubungan dengan manusia tentunya ada nilai dan norma sosial yang perlu kita terapkan, diantaranya dapat kita ambil dari sebuah Hadis Rasulullah yang menjelaskan tentang hubungan sosial.

Kehidupan sosial yang perpedoman pada kitab suci Allah Swt. dan menjalankan sunah nabi menjadikan seseorang untuk saling menghargai dan bertoleransi antar manusia. Bahwa kita harus mencintai sesama seperti mencintai diri sendiri.

Mengimplementasikan Hadis dalam kehidupan sosial tentunya dapat dilakukan dimana saja, tidak perlu melihat secara detail situasi maupun kondisi, karena ajaran yang ada di dalam Hadis sudah tentu baik dan membawa kemaslahatan bersama.

Kehidupan bermasyarakat lebih menekankan pada kepentingan bersama untuk menjalin silaturahmi agar lebih rukun antar tetangga dan lebih menumbuhkan rasa kepedulian sosial dan kecintaan terhadap saudara.

Implementasi Hadis dalam konteks kehidupan sosial memiliki tujuan agar lebih terarah dan bersikap lebih baik dengan saling menghargai dan tolong menolong tanpa memandang perbedaan. Dengan adanya aturan-aturan syariat Islam yang menjadikan manusia untuk lebih bersosialisasi memahami konteks kehidupan yang semakin berkembang di era Modern.

Penulis: PPM Alhadi

Admin Pesantren Pelajar dan Mahasiswa Al-Hadi, Arumdalu, Krapyak Wetan, RT 08, Panggungharjo, Sewon, Bantul, DIY

Hubungi Kami

Hubungi Kami jika Anda membutuhkan bantuan, atau informasi seputar PPM Al-Hadi, Kami akan dengan senang hati membantu Anda